Begini 7 Ciri-Ciri Depresi Ringan yang Jarang Disadari

Di kehidupan yang serba modern ini, tanpa disadari kita rentan terkena depresi. Padahal, jika tidak diatasi dan terus berlarut-larut, depresi ini dapat berlanjut ke gangguan jiwa. Nah, gejala depresi ringan memang mirip dengan gejala stres, padahal kedua keluhan psikologis itu berbeda. Berikut 7 ciri-ciri depresi ringan yang perlu Anda ketahui dan jarang disadari oleh kita.

ciri-ciri depresi ringan
leafscience.com

1. Mudah Marah dan Emosi


Tahapan pertama dari orang yang mengalami depresi ringan adalah mudah untuk marah dan emosi. Banyak yang ada di pikiran dan benak orang yang mengalami depresi, sebenarnya perasaan tertekan dan pikirannya tersebut yang membuat gejala ini terlihat. Mudah marah dan emosi juga disebabkan oleh pikiran buruk dan masalah yang dialami orang tersebut.

2. Nafsu Makan Berubah


Ciri-ciri depresi ringan yang kedua adalah perubahan nafsu makan. Orang yang mengalami depresi ringan biasanya akan berubah dalam hal nafsu makannya, baik itu meningkat atau malah menutun. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon yang terjadi pada tubuh.

3. Mudah Lemas dan Lelah


Orang yang mengalami depresi ringan biasanya mudah lelah dan lemas, jadi dia cenderung bermalas-malasan dan tidak bisa melakukan aktivitas. Tidak ada aktivitas lain yang dilakukannya selain merenung dan murung. Energi yang berkurang bisa menjadi penyebab kedua gejala ini.

4. Sulit untuk Tidur


Adanya hormon Norepinephrine menyebabkan orang yang menderita depresi ringan menjadi susah untuk tidur. Hal ini juga disebabkan karena orang tersebut terlalu memikirkan masalah yang sedang ia alami. Sehingga, orang yang mengalami depresi cenderung insomnia dan sering begadang.

5. Mudah Cemas


Terlalu sering memikirkan masalah yang sedang dialami juga bisa membuat orang yang sedang mengalami depresi ringan menjadi mudah cemas. Padahal, apa yang dia cemaskan belum tentu terjadi di masa yang akan mendatang. Hal itu disebabkan orang tersebut terlalu fokus pada masalah yang sedang ia derita.

6. Mudah Tersinggung


Selain mudah marah dan emosi, orang yang sedang mengalami depresi ringan juga mudah tersinggung. Bahkan, hanya untuk kata-kata yang sepele. Gejala ini disebabkan karena otaknya dipenuhi dengan pikiran buruk, dan saraf yang ada di kepalanya juga sedang tegang.

7. Kurang Fokus


Gejala lain yang biasanya dialami oleh orang yang sedang depresi adalah susah fokus terhadap pekerjaan yang sedang dijalaninya. Sehingga, apa yang sedang dia kerjakan tidak bisa selesai dengan sempurna. Hal ini disebabkan oleh kurangnya konsentrasi, dan ketegangan sel saraf pada otak. 

Nah, itu dia ulasan mengenai 7 ciri-ciri depresi ringan yang perlu Anda ketahui. Depresi ringan masih terhitung mudah untuk disembuhkan, maka kenali sejak dini berbagai gejalanya dan segera atasi. Pergi ke konselor untuk melakukan konseling, atau melakukan kegiatan yang dapat menyegarkan kembali pikiran Anda agar terbebas dari depresi ringan tersebut.